Jumat, 22 Juni 2012

Manfaat Taubat


Salah satu judul  dari buku  “Kado  Terindah Untuk Orang Berdosa” ,
penulis Saiful Hadi El-Sutha
 
Dalam hidup ini, ada orang-orang yang merasa berputus asa dari mengharap rahmat dan ampunan Allah SWT karena merasa dirinya sudah terlanjur bergelimang dosa, menurutnya bertaubatpun percuma. Manusia hendaklah tidak berpikir senaif itu. Pesimisme terhadap rahmat dan ampunan Allah jelas merupakan sifat yang sangat tercela, sifat itu hanya pantas berada pada dri orang yang sesat dan kafir. Allah SWT berfirman dalam surah Az-Zumar : 53 yang artinya :
Katakanlah hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semua. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Segala sesuatu yang disyariatkan oleh Allah  dan Rasul-Nya pasti ada hikmah dan manfaatnya, begitupun halnya dengan perintah taubat. Ada banyak manfaat taubat yang dinyatakan baik secara implisir maupun eksplisit  oleh Allah dan Rasulullah. Diantara manfaat-manfaat taubah adalah :
1.      Taubat dapat menghapuskan segala dosa
Allah SWT dengan tegas menyatakan bahwa siapapun yang bertaubat dengan sebenar-benarnya  kepada-Nya, niscaya  Dia akan mengampuni dosa-dosa orang  tersebut.  Dengan tegas Allah menyatakan hal  itu melalui firman-Nya dalam al-Quran  Surah Taha : 82 yang artinya :
“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”
Rasulullah saw juga menegaskan bahwa siapapun yang bertaubat dengan sebenar-benarnya kepada Allah atas segala dosa yang pernah dilakukannya, maka seperti  orang yang  tidak punya dosa, melalui sabdanya  yang artinya : “ Orang yang bertaubat dari dosa, itu seperti orang yang tidak punya dosa “ (H.R. Baihaqi)

2.      Taubat dapat mengganti  keburukan  menjadi kebaikan
Inilah salah satu kemurahan Allah terhadap hamba-Nya  yang  tidak pernah berputus  asa dari mengharap rahmat dan ampunan-Nya. Dia berkenan untuk  menjadikan taubat  sebagai  ‘alat barter’ untuk mengganti  keburukan  menjadi kebaikan . Kebenaran tentang  hal ini dinyatakan dengan tegas oleh Allah melalui firman-Nya dalam Surah Al-Furqan : 70 yang artinya :
Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan . Dan adalah Allah Maha  Pengampun lagi  Maha Penyayang.”

3.      Taubat dapat mensucikan hati
Dosa itu diibaratkan sebagai noda. Ketika seseorang bayak melakukan dosa,  maka  didalam hatinya akan terkumpul  banyak  noda, dan taubat itulah yang mampu mensucikannya. Orang yang bertaubat dengan sebenar-benarnya , niscaya hatinya akan menjadi suci. Demikian itu yang ditegaskan  oleh Rasulullah  dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Turmuzi  dan lain-lain ini :
sesungguhnya ketika  seseorang melakukan suatu kesalahan, maka akan ditorehkan satu noda (noktah) hitam dihatinya. Ketika dia sadar, memohon ampun dan bertaubat kepada Allah, maka noktah hitam itupun akan dihapus (dibersihkan) kembali. Namun jika ia mengulangi  kesalahan-kesalahannya lagi dan lagi, maka  akan  menjadi  semakin ditambahkan noda hitam itu dalam hatinya, sehingga noda hitam itu akan menutupi hatinya.  Itulah yang dimaksudkan oleh firman Allah  dalam surah Al-Muthaffifin : 14) “ sekali-kali tidak (demikian ),    sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka” (HR. Ad-Dailami).

4.      Taubat dapat menjadikan hidup menjadi tenang dan damai
Orang yang mengakui kesalahan - kesalahannya  secara jujur dn sebenar-benarnya, maka hatinya akan menjadi tenang. Itulah salah satu alasan mengapa Allah memerintahkan  kita untuk segera melakukan taubat ketika menyadari baru saja melakukan kesalahan . Dalam surah Hud ayat 3 Allah menegaskan yang artinya :
Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya (jika kamu mengerjakan yang demikian ), niscaya Dia akan memberi kenikatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu  yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang  yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya.  Jika kamu berpaling , maka sesungguhnya aku  takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. “
  
5.      Taubat dapat mendatangkan bayak rezeki dan kekuatan
Berkenan dengan taubat dapat mendatangkan banyak rezki dan kekuatan, Allah telah menegaskannya, dalam surah Nuh : 10- 12, melalui lisan Nabi Nuh as , ketika beliau menginstruksikan kaumnya untuk segera bertaubat atas segala dosa yang telah mereka lakukan . Artinya : “ Maka aku katakan kepada mereka : “ Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan  harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.”

6.      Taubat menjadi sebab keberuntungan didunia dan akhirat
Orang yang tidak mau bertaubat, pasti akan celaka, sementara orang yang mau bertaubat, menyesali kesalahannya, dan segera kembali kepada-Nya, dengan banyak melakukan perbuatan saleh, maka dia itulah orang yang beruntung. Allah menegaskan hal itu melalui firman-Nya dalam Surah Al-Qasas : 67,  yang artinya :
Adapun orang yag bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung.”

Selain itu , Allah juga telah berfirman dalam Surah Maryam : 60, yang artinya :
  Kecuali orang yag bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak  dianiaya (dirugikan) sedikitpun.”    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambah