Rabu, 30 Mei 2012

Kukuku cantik




 
 “Kuku” , siapa sih tidak mengenal kuku. Kuku walau kelihatannya sepele  tapi sangat penting bagi tubuh kita. Coba bayangkan kalau jari-jari kita ini tidak berkuku, iiii…pasti ngeri, yang kelihatan hanya daging doang. Syukurlah Allah menciptakan kuku sehingga semakin sempurnalah anggota badan kita.
Apa sih kuku itu, menurut kamus bahasa Indonesia kuku adalah bagian tubuh  yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.
Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.
Dalam satu minggu kuku jari tangan mengalami pertumbuhan rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Agar  kuku tidak cepat rapuh dan lamban sebaiknya memperhatikan makanan yang diasup, nutrisinya harus baik.
Dalam perkembangannya kuku telah tersentuh dengan fasyen stylish. Tidak cukup hanya dipotong dan dibersihkan namun para stylish berupayah menjawab atau mencoba menawarkan sesuatu yang baru bagi wanita agar tampil beda dan semakin menawan dalam berpenampilan. Ah…ternyata manusia sangat kreatif ya. Kalau zaman mama saya dulu, perawatan kuku cukup dipotong, trus kalau mau gaya sedikit agar kukunya mengkilat, memakai batu bata yang sudah dihancurkan menjadi bubuk, kemudian digosok –gosokkan ke kuku, cat kukunya juga pakai daun pacar yang ditumbuk halus. Tapi sekarang ngak jaman lagi, sekarang ada menikur , pedikur,  cat kuku warna warni, bahkan sekarang ada kuku palsu 3Dimensi atau nail art, dengan bentuk unik dan cantik – cantik, ada berbentuk bunga timbul, garis-garis, bling-bling bahkan ada yang memakai payet, kalau mau lebih heboh lagi ada yang pakai berlian. Ckckck…..indah, menarik dan juga mahal tentunya.
Sesuai dengan fungsinya kuku adalah untuk melindungi daging lunak yang terdapat dijari-jari.  Allah sungguh tidak sia-sia menciptakan  bumi dan isinya untuk kemaslahatan ummat manusia, sebagaimana yang tertulis dalam QS.Ali Imran (3) : 190-191 Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berakal yaitu orang-orang yang mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan (bahkan) berbaring. Mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, “yaa Tuhan kami, tidaklah Kau ciptakan ini semua sia-sia, maka peliharalah kami dari azab neraka.”
 Islam sangat suka dengan keindahan, kebersihan. Tapi kuku yang indah dan bersih sesuai dengan tuntunan agama itu yang bagaimana sih. Memotong kuku termasuk salah satu perkara fitrah, berdasarkan sabda nabi Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam:"Perkara fitrah ada lima: Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kumis, menggunting kuku dan mencabut bulu ketiak."(H.R Al-Bukhari dan Muslim)
Dalam hadits shahih lainnya disebutkan bahwa perkara fitrah ada sepuluh, salah satunya adalah menggunting kuku. Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallaahu 'Anhu ia berkata: "Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam memberi kami batas waktu untuk menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan, yaitu tidak membiarkannya lebih dari empat puluh hari." (H.R Ahmad, Muslim dan Nasa'i, lafal hadits di atas adalah lafal hadits riwayat Ahmad)
Barangsiapa tidak menggunting kukunya berarti ia telah menyalahi perkara fitrah.
Hikmah pelarangannya ialah untuk menjaga kesucian dan kebersihan, karena kadangkala dalam kuku tersebut tersimpan kotoran, dan juga untuk menghindari bentuk penyerupaan diri dengan orang-orang kafir dan hewan-hewan bercakar dan berkuku panjang.
Sebetulnya tidak ada salahnya mempercantik kuku, apalagi kalau diniatkan untuk suami dan anak-anak tercinta, agar terlihat semakin cantik dan menarik, maka nilai pahalanya sangat luar biasa. Tapi yang jadi masalah ketika ingin menambah penampilan agar kuku kita menjadi glamour tapi tidak islami- hehehe emang ada kuku islami? Maksud saya apakah keindahan kuku kita itu sudah sesuai dengan ajaran  islam? Kalau dilihat dari bahannya, Kuku palsu itu terbuat dari  plastik dan cara untuk merekatnya bisa memakai double tip atau memakai lem khusus.Nah ketika kita berwudhu  dalam keadaan memakai kuku palsu, jelaslah air wudhu tidak tembus sampai kekulit karena terhalang bahan plastik tadi, berarati wudhunya tidak syah, karena di antara anggota tubuh yang harus dibasuh adalah kedua tangan hingga siku. Kalau mau repot setiap kali wudhu kuku palsunya dilepas kemudian dipasang lagi. Tapi adakah wanita yang memakai kuku palsu mau melakukannya, ribet kali ya? Tapi lucu juga  membayangkan seorang muslimah berjilbab memakai neil art, hmmmm gimana tuh. Kira-kira dia memilih gambar ka’bah atau gambar wanita muslim? Heheheh….
Tapi baru-baru ini disebuah infotainment seorang artis muslim memakai neil art seharga 500-an, dan kuku palsu tersebut tidak bisa dilepaskan dalam waktu 3 minggu, na lho, berarti ngak shalat-shalat dong selama 3 minggu.
Kita tidak bisa mengelak dari perkembangan fesyen seperti sekarang ini, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, tinggal bagaimana kita memilih mana yang terbaik dan sesuai yang ditetapkan Allah, dan kita harus bijaksana  melihat segala sesuatunya.
 Allah  berfirman tentang ucapan Iblis: Dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar­-benar mereka mengubahnya. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain  Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (QS. an­Nisâ' [4]: 119)
Semoga Allah selalu menuntun kita kejalan Rahmat-Nya. Amin ya Rabb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambah